Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KRACA MAKANAN KHAS PURWOKERTO BANYUMAS | RESEP MEMBUAT KRACA | CARA MUDAH DAN SEDERHANA MEMBUAT SOP KEONG SAWAH

Bagi petani, keong (siput sawah) sering kali menjadi momok karena keberadaannya menjadi hama tanaman padi. Namun di Purwokerto, keong justru bisa dimasak dan dinikmati layaknya masakan biasa. 
Masakan ini disebut dengan keong kuah pedas atau kraca.Makanan ini terbuat dari bahan utama keong sawah yang dimasak berkuah dengan bumbu-bumbu kuat yang memberi nuansa pedas dan segar hingga ke tenggorokan. Sebelum diolah, cangkang keong dipecahkan untuk membuang kotorannya. Setelah itu keong direndam selama satu malam. Bumbu yang digunakan mirip dengan bumbu rica-rica, yang terdiri dari cabai, kunyit, bawang merah, bawang putih, kemiri, dan aneka rempah termasuk jahe. Setelah itu, keong yang sudah direndam dicuci bersih dan dimasak bersama bumbu selama 4 jam agar meresap. Konon, menurut para peneliti keong banyak mengandung protein yang dibutuhkan tubuh. Keong banyak dijual saat bulan Ramadhan.


sop keong sawah / kraca khas purwokerto banyumas

Cara membuat kraca / sop keong sawah
Bahan-bahan:
-1 kg Kraca
-4 siung Bawang Putih
-4 siung Bawang Merah
-10 buah Cabai (Cabe) Merah
-2 butir Kemiri
-3 cm Jahe
-3 cm Kunyit
-60 ml Santan
-2 lembar Daun Salam
-1 cm Lengkuas (Laos)
-2 batang serai (geprek)
-Garam secukupnya
-bumbu penyedap secukupnya 
-1 liter Air

Langkah - langkah:
-Bersihkan Kraca dengan rendam dengan air yang dicampur garam dan sambil di bersihkan
-Buang bagian ujung, sebab dibagian ini berisi kotoran sisa makanan keong dan jika tidak kebuang nanti saat dimakan daging kracanya terasa ada pahit-pahitnya 
-Haluskan bumbu-bumbu : Bawang putih, Bawang Merah, Cabai, Kemiri, Jahe, Kunyit.
-Tumis Bumbu yang sudah dihaluskan sampai wangi. 
-Setelah itu masukan Daun Salam, Lengkuas, dan Serai yang sudah digeprek.
-Masukan Keong yang sudah dibersihkan kedalam tumisan bumbu, sambil diberi air, tunggu sekitar 20menit dengan api sedang. Baru dimasukan santan cair. Terakhir beri pelengkap garam dan bumbu penyedap sampai rasanya pas dilidah.

selamat mencoba

Post a Comment for "KRACA MAKANAN KHAS PURWOKERTO BANYUMAS | RESEP MEMBUAT KRACA | CARA MUDAH DAN SEDERHANA MEMBUAT SOP KEONG SAWAH"

close