Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

JENANG JAKET MERSI KHAS BANYUMAS | CARA MEMBUAT JENANG JAKET MERSI | JENANG KHAS BANYUMAS

Namanya memang Jaket, tapi tidak ada hubungannya dengan pakaian. Ini adalah makanan yang terbuat dari tepung dan juga gula melalui proses yang panjang. Tapi karena ciri khasnya, jenang jaket sudah lama menjadi makanan tradisional yang paling banyak dicari. Bahkan pada hari-hari besar (hari raya) seringkali produsen jenang jaket  menolak pesanan. Ini dikarenakan Jenang Ketan proses pembuatnnya lama dan juga membutuhkan ketekunan. Kalau anda berkunjung ke Purwokerto dan ingin mengunjungi sentra pembuatan jenang jaket silahkan datang saja ke kawasan produksi jenang jaket di daerah MERSI Purwokerto.


jenang jaket mersi banyumas
cara membuatnya
Bahan-bahan:
-Ketan putih sebanyak 250 gram
-Gula putih sebanyak 1 kg
-Agar-agar sebanyak 2 bgks
-Kelapa sebanyak 2 buah
-Vanili sebanyak 1 sendok teh
-Kertas minyak ukuran 10×10 cm bentuk segi empat

Langkah-langkah cara membuat wajik kletik:
-Untuk membuat wajik hal pertama yang harus di lakukan adalah mengkukus ketan hingga matang dan teksturnya lunak lembek. Parut nanas serta kelapa lalu campurkan jadi satu, masukan vanili, gula putih, aduk dengan menggunakan tangan sambil di remas-remas hingga tercampur menjadi satu bahan.
-Masak parutan kelapa dan nanas, aduk-aduk agar tidak gosong hingga setengah matang, masukan ketan aduk hingga merata. tambahkan agar-agar bubuk, aduk hingga adonan menggumpal, apabila di pinggiran wajan ada warna putih-putih tandanya sudah matang.
-Ambil adonan sebanyak 1 sdm kemudian simpan di atas kertas minyak yang telah di sediakan, bungkus hingga menyatu setiap ujungnya. Wajik kletik siap untuk disajikan

selamat mencoba

Post a Comment for "JENANG JAKET MERSI KHAS BANYUMAS | CARA MEMBUAT JENANG JAKET MERSI | JENANG KHAS BANYUMAS"

close